Akses Menuju Pulau Tidung Menggunakan Transportasi Publik

Wisatawan yang berencana untuk menghabiskan masa liburan di Pulau Tidung sebaiknya mengetahui akses menuju Pulau Tidung. Selain untuk memastikan kelancaran selama perjalanan, mengetahui akses yang tepat untuk menuju pulau tersebut juga bermanfaat untuk membuat perkiraan mengenai waktu maupun biaya. Karena pulau ini merupakan bagian dari Kepulauan Seribu, tentunya dibutuhkan kapal penyeberangan untuk mencapainya. Sebenarnya ada beberapa pilihan rute yang bisa Anda gunakan untuk tiba di Pulau Tidung. Berikut pilihan rute yang biasanya digunakan oleh wisatawan.

Pilihan pertama adalah melalui dermaga Muara Angke. Akses menuju Pulau Tidung melalui Muara Angke cukup ramai digunakan karena cenderung mudah dijangkau. Biaya yang digunakan juga tidak terlalu mahal yaitu sekitar Rp 35.000 untuk penyeberangan menggunakan kapal. Jika Anda sudah memasuki area dermaga Muara Angke, Anda akan melihat banyak kapal kayu yang akan berangkat menuju Pulau Tidung. Kapal-kapal tersebut biasanya berangkat pukul 7 pagi. Jika Anda ingin menyeberang, sangat disarankan untuk tiba di dermaga sebelum pukul 7. Penyeberangan menuju Pulau Tidung memakan waktu sekitar 3 jam.

Pilihan rute lainnya adalah melalui Kali Adem. Dermaga ini sebenarnya berjarak tidak terlalu jauh dengan dermaga Muara Angke, yaitu hanya sekitar beberapa meter saja. Namun, dermaga ini juga melayani penyeberangan menuju Pulau Tidung. Kapal yang biasa digunakan adalah KM Kerapu, yang mengenakan tariff Rp 32.000 untuk sekali penyeberangan. Berbeda dengan Muara Angke, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu sebelum menaiki kapal. Pendaftaran biasanya dilakukan pada pukul 6 pagi. Oleh karena itu, Anda harus tiba sebelum waktu tersebut. Penyeberangan melalui Kali Adem lebih cepat dibandingkan dengan Muara Angke karena hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Rute terakhir yang bisa digunakan untuk mencapai Pulau Tidung adalah melalui Ancol. Akses menuju Pulau Tidung via Ancol merupakan jalur yang tercepat karena hanya memakan waktu sekitar 1 jam saja. Tidak heran jika waktu yang dibutuhkan sangat singkat karena tersedia kapal speedboat di sekitar pantai Ancol. Meskipun demikian, tarif yang dipasang cukup mahal yaitu sekitar Rp 250.000.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *