Aneka Kegiatan dalam Pulau Tidung Tour

Bingung memilih tujuan wisata selanjutnya, atau sedang mencari alternatif tempat wisata yang tak jauh dari ibu kota? Jawabannya tak diragukan lagi adalah Pulau Tidung tour. Sebagai salah satu bagian dari Kepulauan Seribu yang tak jauh dari Jakarta, Pulau Tidung adalah salah satu pilihan tempat liburan singkat selain Puncak jika Anda menghindari keramaian yang terjadi di sana. Berbagai fasilitas yang tersedia di sana pun tak kalah dengan berbagai resor di destinasi wisata pesisir pantai lainnya.

Saat Anda sudah menuju kawasan Pulau Tidung dengan kapal, maka tempat yang pertama Anda capai adalah Pulau Tidung Besar. Anda akan disambut dengan hamparan pantai yang bersih dan air laut yang jernih. Selain itu, pemandangannya juga sangat indah. Tak perlu mengkhawatirkan tentang akomodasi, karena sudah banyak penginapan berupa hotel maupun homestay yang tersedia di sini. Anda pun bisa mengamati aktivitas sehari-hari para penghuni Pulau Tidung yang berbeda dari yang biasa Anda lihat di perkotaan.

Setelah puas menjalani Pulau Tidung Tour di Pulau Tidung Besar, seberangilah Jembatan Cinta menuju Pulau Tidung Kecil. Namun jangan salah, Jembatan Cinta bukan sekadar tempat penyeberangan. Jembatan ini sangat panjang, namun saat berjalan melintasinya Anda bisa sambil menikmati pemandangan terumbu karang dan ikan-ikan yang berenang di perairan di bawahnya. Dijamin perjalanan yang panjang tak akan terasa melelahkan. Jika Anda ingin pengalaman yang menantang, Jembatan Cinta juga sering digunakan untuk terjun bebas ke laut. Jangan khawatir, area di bawahnya terlihat sangat jelas dan tak akan membahayakan keselamatan Anda.

Sesampainya di Pulau Tidung kecil, Anda akan melihat pemandangan dan suasana yang jauh berbeda dari Pulau Tidung Besar karena pulau ini tidak digunakan sebagai tempat tinggal, namun sebagai tempat pembudidayaan tanaman bakau. Tanaman bakau sendiri terkenal karena kehebatannya dalam mencegah kerusakan pantai dan untuk memecah ombak. Jika Anda tertarik, Anda pun bisa ikut menanam tanaman bakau.

Itulah beberapa kegiatan dalam Pulau Tidung Tour yang bisa Anda lakukan. Rasakan sensasi liburan yang berbeda saat Anda berkunjung ke Pulau Tidung.

Fasilitas Pulau Tidung yang Membuat Wisatawan Betah

Pulau Tidung yang merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Seribu menjadi salah satu tempat yang paling diminati wisatawan ketika berkunjung ke wilayah itu. Fasilitas Pulau Tidung yang beraneka ragam membuat wisatawan senang menghabiskan waktu di sana. Selain itu, fasilitas-fasilitas tersebut juga ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Tidak heran jika pulau ini sangat populer. Mari kita lihat apa saja hal menarik yang dapat ditemui di pulau ini.

Dahulu, untuk mengakses pulau ini dibutuhkan waktu hingga tiga jam. Akan tetapi, apabila menggunakan sarana yang baru dikenalkan pemerintah daerah di tahun 2017 lalu, pulau ini dapat dicapai dalam waktu satu jam. Anda dapat menemukan akomodasi nyaman dengan harga yang tidak menguras kocek apabila tertarik untuk menginap di sini. Tertarik untuk menyewa tempat menginap di rumah-rumah penduduk? Anda bisa menginap di berbagai hostel yang dikelola penduduk lokal. Tentunya hal tersebut akan menjadi pengalaman mengesankan karena penduduk pulau ini terkenal akan keramahannya.

Beragam fasilitas Pulau Tidung yang berupa tempat wisata masih belum banyak terjamah tangan manusia. Hal ini justru memberikan kesan otentik di mata wisatawan. Sebagai contohnya adalah hutan mangrove yang lebat dan asri. Anda dapat menyewa sepeda dan mengendarainya menyusuri kawasan hutan untuk menikmati pemandangan menyejukkan. Beragam atraksi pantai yang ditawarkan juga tak kalah menarik. Anda dapat melakukan berbagai jenis olahraga air seperti banana boat hingga snorkeling. Konservasi bawah air di pulau ini masih cukup terjaga. Anda dapat melihat barisan terumbu karang berwarna-warni yang indah serta gerombolan ikan-ikan kecil yang menyusuri lautan dangkal.

Ketika Anda mengunjungi pulau ini, tidak perlu khawatir jika hal-hal darurat terjadi. Terdapat pusat kesehatan, ATM, hingga kantor polisi di pulau yang relatif padat ini. Bahkan, Anda masih dapat mengakses internet karena terdapat warung internet dan tempat-tempat yang menawarkan Wi-Fi di pulau ini. Jangan takut terisolasi ketika berada di sini. Meskipun begitu, melihat banyaknya hiburan yang ditawarkan oleh Pulau Tidung, sulit membayangkan jika Anda ingin terus-terusan bermain gadget. Fasilitas Pulau Tidung jelas menjawab kebutuhan Anda dengan baik.

Liburan Semakin Lengkap Dengan Berbagai Fasilitas di Pulau Tidung

Sebagai salah satu destinasi wisata yang terkenal di Indonesia, Pulau Tidung memang selalu berhasil membuat para pengunjung mau berlama-lama disana. Faktor pemandangan laut dan wisata bawah air yang ditawarkan adalah ciri khas tempat ini. Kunci lainnya yang membuat betah yaitu berbagai fasilitas Pulau Tidung yang ditawarkan untuk para wisatawannya. Tak heran jika banyak wisatawan yang setia berlibur selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan disini.

Mulai dari tempat penyeberangan. Anda sudah ditawarkan oleh fasilitas seperti dermaga dan beberapa jenis kapal yang nyaman. Di kapal pun juga sudah disediakan tempat duduk yang sesuai dengan kelasnya, ada kelas bisnis, eksekutif, dan VIP, serta beberapa pelampung sehingga penumpang tetap merasa aman selama perjalanan menuju pulau yang cukup lama. Sesampainya di pulau, fasilitas yang akan Anda dapatkan yaitu berbagai tempat wisata bahari seperti snorkeling, diving atau menyelam, bahkan memancing. Seluruh kelengkapan alatnya pun sudah disediakan oleh pihak pengelola, seperti pelampung, kacamata, kapal atau perahu, dan alat memancing lainnya. Selain itu, disini juga disediakan sepeda untuk berkeliling pulau.

Anda pun bisa bermalam di pulau ini jika mau. Berbagai macam tipe penginapan seperti cottage sampai kos-kosan juga merupakan fasilitas Pulau Tidung yang disediakan oleh pihak pengelola atau warga setempat. Di dalam penginapan tersebut juga sudah diberi fasilitas tambahan seperti kasur, lemari, dispenser, AC, televisi dan kamar mandi dalam. Kapasitas penginapan bisa muat hingga 4 orang. Ada pula fasilitas atm bersama yang disediakan, yaitu atm Bank DKI meskipun saat ini jumlahnya masih sedikit. Soal urusan perut pun tak perlu risau. Di pulau ini juga terdapat beberapa rumah makan dan restoran dengan pilihan menu yang tak kalah lezat.

Tentunya, dengan fasilitas Pulau Tidung yang sudah lengkap tersebut, akan membuat liburan Anda lebih menyenangkan, tanpa harus bingung mau pergi kemana untuk mendapatkan sesuatu yang dibutuhkan. Liburan di pulau ini juga akan terasa lebih mudah, karena semua fasilitas yang diberikan sudah terjamin keamanan dan kenyamanannya bagi para pengunjung.

Jembatan Cinta Pulau Tidung dan Pesona di Sekitarnya

Kepulauan Seribu di Jakarta Utara menawarkan banyak pilihan wisata yang dapat melepaskan penat dari keseharian Anda yang sibuk. Di antara banyaknya pilihan wisata yang ditawarkan, ada sebuah obyek yang patut untuk dikunjungi. Obyek ini bernama Jembatan Cinta Pulau Tidung dan terbentang di antara dua pulau, yaitu Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar. Meskipun kata ‘jembatan’ terdengar tidak spesial, namun hal itu tidak berlaku bagi jembatan ini. Hal ini dibuktikan dengan ramainya wisatawan yang datang mengunjungi tempat ini.

Diberi nama ‘cinta’, jembatan ini memang terkenal dengan mitosnya terkait cinta. Menurut mitos yang beredar, apabila ada seseorang yang berani melompat dari atas jembatan tersebut, maka ia akan segera menemukan cinta sejatinya. Melakukan hal tersebut tentu bukanlah perkara yang mudah mengingat besarnya nyali yang harus dimiliki. Jika Anda menyukai segala kegiatan yang memicu adrenalin, obyek ini patut untuk dicoba. Namun, jika Anda tidak menyukainya, Anda tak perlu khawatir karena masih banyak aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan di sini.

Menghubungkan dua pulau, Jembatan Cinta Pulau Tidung memiliki panjang 800 meter. Jembatan ini terbuat dari kayu dan menjulang di atas perairan jernih dangkal yang berarus tenang. Selain melompat dari jembatan, para wisatawan juga dapat berenang di sisi-sisi jembatan ditemani ikan-ikan kecil atau sekedar berjalan-jalan santai di sepanjang jembatan itu. Di saat senja, obyek ini terlihat sangat indah dan romantis. Jadi, jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen-momen spesial Anda di sini.

Untuk mencapai obyek wisata ini, Anda harus melalui perjalanan air dari Muara Angke di Jakarta. Meskipun memakan waktu yang cukup lama, yakni dua hingga tiga jam, namun perjalanan tidak akan terasa membosankan karena Anda akan disuguhi pemandangan laut yang menenangkan. Selain itu, tarif yang ditarik untuk menggunakan jasa kapal ini juga relatif murah, yaitu sekitar Rp 35.000. Kapal menuju tempat ini berangkat sekitar pukul 07.00 WIB pagi. Jadi, jika anda ingin berwisata ke Jembatan Cinta Pulau Tidung, datanglah pagi-pagi supaya Anda tidak tertinggal.

Jembatan Cinta, Spot Utama Pulau Tidung

Tujuan wisata yang unik pasti mempunyai beberapa titik yang wajib dikunjungi oleh wisatawan, termasuk Pulau Tidung. Jika Anda ingin berwisata ke Pulau Tidung, tentunya spot utama Pulau Tidung harus diketahui agar tak kelewatan apa pun selama berada di sana. Nah, apa saja lokasi-lokasi yang wajib dikunjungi serta kegiatan yang harus dicoba selama berwisata di Pulau Tidung? Simaklah artikel ini.

Pertama, ada suatu kegiatan yang sangat menantang namun telah menjadi suatu tujuan utama para wisatawan yang datang ke pulau ini. Salah satu spot utama Pulau Tidung adalah Jembatan Cinta, dan kegiatan yang biasa dilakukan di sini adalah loncat dari atasnya. Jembatan ini merupakan penghubung antara Pulau Tidung Besar dan Kecil. Tak perlu takut akan apa yang menanti Anda di bawah jembatan, karena airnya sangat jernih dan menyegarkan. Tak ada karang yang akan mengancam keselamatan Anda.

Kedua, kunjungilah Pulau Tidung Kecil melewati jembatan Cinta. Meskipun jembatan ini sangat panjang, Anda dijamin tidak akan bosan saat menyusurinya karena air di bawah jembatan ini sangat jernih sehingga pengunjung bisa berjalan sambil menikmati pemandangan ikan dan terumbu karang di bawahnya. Namun, tetap ingat untuk membawa bekal dan minuman sehingga Anda tidak kelelahan.

Tujuan wisata lainnya di Pulau Tidung adalah snorkeling. Banyak wisatawan yang belum berkesempatan untuk pergi snorkeling ke tempat yang lebih jauh memilih untuk snorkeling di Pulau Tidung karena pemandangan bawah lautnya tak kalah indah dengan lokasi snorkeling lainnya. Lokasi untuk snorkeling juga terletak di sekitar Jembatan Cinta. Selain itu, Anda juga bisa mencoba snorkeling di sekitar Pulau Tidung kecil. Banyak lokasi yang menyewakan perahu kecil maupun peralatan snorkeling untuk para wisatawan dengan harga yang relatif terjangkau.

Dengan berbagai kegiatan yang disebutkan di atas, bisa disimpulkan bahwa spot utama Pulau Tidung adalah jembatan cinta, Pulau Tidung Kecil, dan sekitarnya. Meskipun demikian, jangan lupa mencoba kegiatan lain di pulau ini seperti bersepeda berkeliling pulau. Dengan begitu, liburan Anda ke Pulau Tidung akan terasa semakin lengkap.

Aneka Tips Menikmati Sunrise Pulau Tidung

Salah satu kegiatan yang mengasyikkan di Pulau Tidung adalah menikmati sunrise Pulau Tidung. Karena lokasinya yang tak jauh dari Jakarta, pulau ini cocok dijadikan tujuan saat liburan singkat atau jika Anda ingin melepaskan kebosanan sejenak dari suasana ramai di kota. Saat tiba di pulau ini, hamparan pasir putih di pantainya dan air bening merupakan pemandangan yang pasti bisa dinikmati. Selain itu, penduduk di pulau ini pun sangat ramah sehingga wisatawan akan merasa seperti di rumah sendiri.

Saat ingin menuju ke Pulau Tidung, pertama-tama Anda akan menuju ke Muara Angke. Pelabuhan ini menawarkan beberapa pilihan untuk berwisata di pulau tujuan, termasuk membawa kendaraan pribadi untuk transportasi di sana nantinya. Setelah itu, belilah tiket untuk menuju ke Pulau Tidung. Pastikan jam keberangkatan kapal yang Anda dapatkan sudah benar. Dermaga yang digunakan untuk keberangkatan dan kedatangan dari dan ke Pulau Tidung adalah Dermaga 3.

Jika Anda ingin menikmati sunrise Pulau Tidung, pertimbangkanlah jam keberangkatan karena dibutuhkan waktu satu setengah hingga dua jam untuk menuju pulau tersebut. Jangan mengambil risiko dengan berangkat terlalu siang. Namun jika memungkinkan, alternatif yang lebih aman adalah berangkat di siang atau sore hari dan menikmati sunrise keesokan harinya. Diburu waktu? Moda transportasi speedboat dari Ancol bisa dipilih sehingga tujuan akan tercapai dalam waktu satu jam.

Untuk pilihan penginapan di Pulau Tidung, banyak sekali pilihan yang tersedia mulai dari hotel hingga rumah penduduk yang memang disediakan untuk penginapan turis atau homestay. Harganya berkisar antara 300 hingga 400 ribu Rupiah per malam. Disarankan memilih lokasi yang terbuka agar Anda bisa melihat sunrise di pagi hari.

Pemilihan waktu berkunjung yang tepat ke Pulau Tidung juga harus diperhatikan untuk dapat menikmati sunrise Pulau Tidung. Pilihlah waktu antara bulan April hingga Oktober sehingga cuaca cenderung cerah dan keinginan Anda menikmati sunrise tidak terhalang karena adanya hujan deras, bahkan badai. Jangan lupa menikmati kuliner seafood khas pulau ini untuk mendapatkan pengalaman maksimal.

Mempertimbangkan Waktu Tepat Ke Pulau Tidung

Jika Anda ingin mengunjungi Pulau Tidung dalam waktu dekat ini, maka Anda perlu tahu waktu tepat ke Pulau Tidung agar tidak kecewa sesampainya di sana. Mengunjungi sebuah lokasi wisata alam di waktu yang tidak tepat bisa berakibat tidak bisa melihat apa yang menjadi tujuan. Cuaca buruk pun bisa menjadi hambatan saat berwisata ke suatu tempat jika waktu yang dipilih tidak tepat.

Pulau Tidung adalah salah satu dari pulau di Kepulauan Seribu yang paling banyak menarik wisatawan lokal maupun internasional. Di pulau ini, dapat ditemukan banyak penginapan yang sederhana namun sangat nyaman. Banyak juga di antaranya yang telah dilengkapi dengan pendingin udara (AC) jadi Anda bisa merasa nyaman di dalamnya.

Waktu tepat ke Pulau Tidung adalah pada bulan April sampai Oktober. Di bulan-bulan tersebut, cuaca biasanya cerah dan hujan sangat jarang terjadi sehingga pulau ini bisa dijelajahi sampai puas tanpa terhambat oleh cuaca. Waktu ini ideal untuk dipilih jika Anda ingin berwisata di pesisir pantai atau menikmati alam di pulau ini.

Namun jika Anda menginginkan kegiatan lain untuk dilakukan di pulau ini, yaitu menikmati buah ceremai, maka berkunjunglah pada bulan September hingga Oktober. Dua bulan yang berurutan ini adalah masa panen buah yang jarang ditemui ini sehingga kenikmatannya bisa dirasakan di tempat asli dan menemukan buah dengan kualitas terbaik. Biasanya, buah ini dibuat menjadi manisan dan bisa Anda jadikan camilan sambil berwisata ke berbagai tempat di pulau ini.

Mengapa tidak disarankan mengunjungi Pulau Tidung pada bulan-bulan lainnya? Di bulan selain waktu yang disarankan di atas, pulau ini sangat sering diterpa badai. Hal ini terjadi sebagai akibat dari adanya angin muson, maka badai yang terjadi bisa sangat parah. Selain itu, bisa juga terjadi bencana alam seperti yang sering terjadi di Jakarta karena letaknya yang tak terlalu jauh. Maka dari itu, pilihlah waktu tepat ke Pulau Tidung agar perjalanan Anda lancar dan selamat sampai selesai.

Open Trip Pulau Tidung? SIapa Takut!

Open trip kini telah menjelma menjadi suatu tren di kalangan muda mudi. Bagi kaum muda yang sudah sering melakukan kegiatan travelling, tentu sudah tidak asing dengan istilah open trip. Open trip merujuk pada kegiatan wisata dalam sebuah kelompok yang kemungkinan besar anggotanya tidak mengenal satu sama lain. Keuntungan utama dalam open trip adalah dana yang dikeluarkan relatif lebih kecil daripada paket wisata pribadi. Salah satu yang menarik perhatian adalah open trip Pulau Tidung yang berlokasi di area Kepulauan Seribu.

Seperti destinasi lainnya, pihak penyelenggara open trip Pulau Tidung akan merancang kegiatan wisata yang menyenangkan di sekitar pulau tersebut. Untuk menuju ke pulau, umumnya agen open trip akan memberikan dua penawaran akomodasi. Yang pertama adalah menggunakan kapal kayu yang berangkat dari pelabuhan Kali adem. Pilihan kedua adalah berangkat dari Marina Ancol menggunakan speedboat. Anda hanya tinggal memilih sesuai minat. Perjalanan kurang lebih memakan waktu sebanyak dua setengah jam dari Kali Adem.

Satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi adalah pantai pasir putih yang membentang luas. Jajaran pantai Pulau Tidung akan memanjakan kelompok Anda dengan berbagai aktivitas yang seru dan menghibur. Yang patut untuk dicicipi adalah kegiatan menyelam, menikmati keindahan terumbu karang, dan berbagai macam biota laut yang hidup di sekitar lokasi.

Keuntungan lain dari mengikuti open trip adalah keringkasan dalam hal akomodasi yang seluruhnya sudah ditanggung oleh pihak agen. Selain transportasi menuju pulau, agen open trip juga telah menyediakan home stay untuk beristirahat. Terkadang ada pula pihak yang memasukan rental sepeda sebagai salah satu fasilitasnya. Anda hanya tinggal membayar parkir sepeda saja di lokasi tertentu.

Jika Anda berkesempatan untuk mengikuti open trip Pulau Tidung, jangan meninggalkan momen menikmati sunset dan sunrise di pulau ini. Sudah terdapat banyak lokasi wisata matahari terbenam dan terbit yang tentu saja ciamik sebagai latar belakang foto anda. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari open trip ke Pulau Tidung ini.

Keseruan Berkemah di Pulau Tidung

Secara administrasi, Pulau Tidung merupakan bagian dari Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau ini dikenal memiliki pemandangan alam yang indah. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang tertarik untuk menghabiskan waktu berlibur mereka di pulau ini. Terdapat banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh para turis, mulai dari menyelam, bersepeda di alam terbuka, bahkan berkemah di Pulau Tidung besar. Ya, secara garis besar lokasi wisata di Pulau ini memang terbagi dalam dua tempat utama yaitu Pulau Tidung kecil dan Pulau Tidung Besar.

Tentu saja banyak hal yang dapat kita lakukan selama berekreasi di pulau tersebut. Yang paling terkenal adalah wisata pantai pasir putih. Pulau Tidung besar memiliki hamparan pantai berpasir putih yang relatif mudah untuk dicapai. Sudah banyak agen wisata yang menawarkan paket wisata pantai Pulau Tidung sehingga Anda tidak perlu risau lagi. Berkemah di Pulau Tidung pun sangat mungkin untuk dilakukan di area pantainya yang luas. Anda hanya perlu menyiapkan peralatan camping yang memadai.

Bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan yang menantang, coba rasakan sensasi snorkeling di pulau ini. Anda akan disuguhi pemandangan ratusan ikan cantik dan terumbu karang eksotis yang sulit didapatkan di tempat lain. Paket wisata ekstrem lain pun turut ditawarkan kepada wisatawan. Anda dapat memilih untuk mencicipi sensasi menaiki banana boat dan dona boat. Rasakan juga sensasi menaiki cano di Pulau Tidung yang tiada duanya.

Namun, apabila Anda ingin melakukan wisata yang menenangkan, bersepeda mengelilingi pulau adalah hal yang sangat direkomendasikan. Angin yang berhembus lembut dan pemandangan pulau yang hijau tentu akan mengurangi ketegangan dan menghilangkan kepenatan.

Kini, telah banyak agen perjalanan wisata yang menawarkan paket rekreasi menarik. Akan tetapi siapa pun dapat berekreasi dan berkemah di Pulau Tidung secara independen. Yang perlu Anda perhatikan adalah riset awal mengenai lokasi dan akomodasi perjalanan agar anda tidak tersesat. Perencanaan pun sangat diperlukan agar dana yang dikeluarkan selama berwisata di Pulau Tidung tidak memakan habis tabungan Anda.

Akses Menuju Pulau Tidung Menggunakan Transportasi Publik

Wisatawan yang berencana untuk menghabiskan masa liburan di Pulau Tidung sebaiknya mengetahui akses menuju Pulau Tidung. Selain untuk memastikan kelancaran selama perjalanan, mengetahui akses yang tepat untuk menuju pulau tersebut juga bermanfaat untuk membuat perkiraan mengenai waktu maupun biaya. Karena pulau ini merupakan bagian dari Kepulauan Seribu, tentunya dibutuhkan kapal penyeberangan untuk mencapainya. Sebenarnya ada beberapa pilihan rute yang bisa Anda gunakan untuk tiba di Pulau Tidung. Berikut pilihan rute yang biasanya digunakan oleh wisatawan.

Pilihan pertama adalah melalui dermaga Muara Angke. Akses menuju Pulau Tidung melalui Muara Angke cukup ramai digunakan karena cenderung mudah dijangkau. Biaya yang digunakan juga tidak terlalu mahal yaitu sekitar Rp 35.000 untuk penyeberangan menggunakan kapal. Jika Anda sudah memasuki area dermaga Muara Angke, Anda akan melihat banyak kapal kayu yang akan berangkat menuju Pulau Tidung. Kapal-kapal tersebut biasanya berangkat pukul 7 pagi. Jika Anda ingin menyeberang, sangat disarankan untuk tiba di dermaga sebelum pukul 7. Penyeberangan menuju Pulau Tidung memakan waktu sekitar 3 jam.

Pilihan rute lainnya adalah melalui Kali Adem. Dermaga ini sebenarnya berjarak tidak terlalu jauh dengan dermaga Muara Angke, yaitu hanya sekitar beberapa meter saja. Namun, dermaga ini juga melayani penyeberangan menuju Pulau Tidung. Kapal yang biasa digunakan adalah KM Kerapu, yang mengenakan tariff Rp 32.000 untuk sekali penyeberangan. Berbeda dengan Muara Angke, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu sebelum menaiki kapal. Pendaftaran biasanya dilakukan pada pukul 6 pagi. Oleh karena itu, Anda harus tiba sebelum waktu tersebut. Penyeberangan melalui Kali Adem lebih cepat dibandingkan dengan Muara Angke karena hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Rute terakhir yang bisa digunakan untuk mencapai Pulau Tidung adalah melalui Ancol. Akses menuju Pulau Tidung via Ancol merupakan jalur yang tercepat karena hanya memakan waktu sekitar 1 jam saja. Tidak heran jika waktu yang dibutuhkan sangat singkat karena tersedia kapal speedboat di sekitar pantai Ancol. Meskipun demikian, tarif yang dipasang cukup mahal yaitu sekitar Rp 250.000.