Bedanya Pulau Tidung dengan Pulau Lain di Kepulauan Seribu

Kepulauan seribu memiliki gugusan pulau-pulau kecil yang menyebar di utara pulau Jawa bagian barat. Gugusan pulau-pulau kecil ini memiliki kesamaan potensi karena keindahan alam bawah lautnya. Wisata alam bawah laut dengan keindahan terumbu karang dan kekayaan hayati menjadi andalan pariwisata di gugusan pulau seribu. Ada banyak bedanya Pulau Tidung dengan pulau lain di kepulauan seribu. Perbedaan ini membuat pulau ini patut ditambahkan pada daftar pulau yang harus dikunjungi.

Bedanya Pulau Tidung dengan pulau lain dapat dilihat dari bentuknya yang unik. Pulau ini memiliki ukuran dengan lebar 200 meter dan panjang 5 kilometer sehingga terkesan ramping. Keunikan pulau ini juga pada jumlah penduduknya yang padat sehingga memungkinkan interaksi yang menarik dengan penduduk lokal dan lebih mudah mencari bantuan dari penduduk sekitar jika memerlukan sesuatu. Kawasan wisata di daerah ini juga dilakukan dengan basis masyarakat sehingga dapat tercermin asas kemanfaatan dan keadilan bagi masyarakat lokal. Toko-toko cindera mata dan restoran juga dengan mudah dapat ditemukan di daerah ini.

Perbedaan lainnya terletak pada rumah-rumah yang didekorasi dengan warna-warna menarik untuk menggaet wisatawan. Rumah-rumah dihias dengan sederhana dan diubah menjadi penginapan yang nyaman bagi para turis. Jembatan cinta yang menjadi penghubung antara Tidung besar dan Tidung kecil merupakan icon atau penciri khas tempat wisata ini. Karang-karang yang indah juga bertebaran di sana-sini di sekitar pulau dengan jarak yang relatif dekat dari pantai sehingga mudah ditangkap dengan mata telanjang keindahan alamnya. Tur mangrove juga menjadi salah satu penarik wisatawan dimana penanaman mangrove dilakukan tiap tahun sekali.

Yang paling mencolok tentang bedanya Pulau Tidung dengan pulau lainnya adalah kekayaan dan keanekaragaman terumbu karang dan makhluk laut terutama ikan yang dapat menemani perjalanan menjelajahi alam laut. Pantai dengan pasir putih juga mengelilingi pulau. Pengunjung juga dapat berwisata menggunakan sepeda untuk mengelilingi pulau dari batas ujung ke ujung. Pemandangan malam berhiaskan bintang-bintang juga menjadi daya tarik tersendiri. Berkunjung ke pulau ini juga terbilang murah dan harga dapat dijangkau karena usaha pariwisata berasal dari penduduk sekitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *