Kapankah Waktu Terbaik ke Pulau Tidung?

Jika sudah menetapkan pilihan untuk mengunjungi Pulau Tidung diantara gugusan pulau seribu lainnya, ada baiknya untuk menentukan waktu terbaik ke Pulau Tidung. Pemilihan waktu yang tepat tidak hanya akan disuguhi pemandangan alami yang menawan tetapi juga akan menambah kesan yang mendalam dan pengalaman yang menarik. Setiap waktu ada jadwal yang ditawarkan oleh pengelola pariwisata di pulau ini paket-paket tur yang dapat diikuti. Jadwal-jadwal ini berkaitan dengan program pemerintah yang menetapkan kawasan pulau ini sebagai pusat konservasi tidak hanya terumbu karang tetapi juga konservasi alam lainnya.

Waktu yang terbaik ke Pulau Tidung adalah waktu dilakukannya penanaman bibit tanaman mangrove. Sebagai kawasan konservasi mangrove setiap tahunnya ada jadwal penanaman mangrove untuk menjaga pulau dari abrasi dan kerusakan terumbu karang. Ada baiknya juga untuk berkunjung saat penyu dan kura-kura dibebaskan ke laut sebagai upaya untuk konservasi. Tetapi, jika Anda menginginkan waktu kunjungan yang tidak penuh oleh turis, maka sebaiknya memilih waktu di luar bulan liburan sekolah. Bulan Juli sampai dengan Agustus biasanya pulau eksotis ini dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Keadaan laut yang tenang dan lumayan aman membuat pilihan waktu berkunjung ke pulau ini tidak terbatasi. Hanya saat cuaca buruk dan badai saja, perjalanan dan aktivitas-aktivitas hiburan di pulau ini dibatalkan demi alasan keselamatan. Biasanya di musim peralihan dan musim penghujan gelombang laut akan tinggi sehingga sebaiknya tidak berkunjung di saat-saat seperti ini. Tetapi, waktu terbaik untuk berkunjung ke pulau ini dapat dilakukan pula dengan menginap selama semalam di pulau ini. Pengunjung dapat melihat keindahan matahari terbit sekaligus matahari terbenam. Aktivitas ini termasuk aktivitas yang paling diminati untuk melihat spektrum cahaya matahari saat terbit dan tenggelam di hamparan lautan.

Waktu terbaik ke Pulau Tidung tidak hanya saat pagi hari tetapi juga malam hari. Turis dapat menikmati hamparan bintang-bintang di langit di malam hari sambil menikmati barbeque dari makanan laut. Tidaklah lengkap berkunjung di pulau jika tidak menyantap makanan laut dan makanan tradisionalnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *